Sejarah Yayasan Al Ishlah

Yayasan Al Ishlah Gorontalo sebelumnya bernama Yayasan Pengembangan Sumber Daya Ummat Al Ishlah merupakan lembaga yang bergerak dibidang sosial, dakwah dan pendidikan, saat ini berlokasi di jalan Sultan Botutihe nomor 16 Kelurahan Liluwo Kota Tengah Kota Gorontalo.

Yayasan yang berakta notaris Hasna Mokoginta, SH nomor 15 tanggal 9 Oktober 1997 memulai aktivitasnya sejak tahun 1997 dibawah kepemimpinan H. Imam Ibnu Mas’ud. Sejak berdiri yayasan aktif mengadakan kegiatan sosial seperti pengobatan gratis didaerah banjir, penjualan sembako murah, sunatan gratis untuk anak-anak panti asuhan, pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas ibu-ibu didesa-desa. Sedangkan untuk bidang dakwah, secara aktif mengadakan pembinaan-pembinaan keislaman di sekolah-sekolah maupun perkantoran. Bekerja sama dengan instansi-instansi pemerintah mengadakan pesantren-pesantren kilat saat Ramadhan dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk khatib dan da’i.

Tahun 2000, Yayasan Al Ishlah Gorontalo memulai aktivitas dibidang pendidikan dengan mendirikan Kelompok Bermain Islam Terpadu. Dimulai dengan jumlah siswa 12 orang dengan 3 orang tenaga pengajar, dengan tempat belajar disebuah garasi mobil salah satu pengurus yayasan. Tahun 2001 tempat belajar kelompok bermain Islam terpadu Al Ishlah pindah ke Jalan Kalimantan kelurahan Wumialo, saat itu siswa bertambah menjadi 46 anak dan jumlah guru 5 orang. Tahun 2004 Al Ishlah mendirikan diri sekolah dasar Islam terpadu yang kemudian beralih menjadi madrasah ibtidaiyah terpadu (MIT) Al Ishlah.

Seiring berkembangnya waktu, dan tuntutan masyarakat serta kemampuan yang dimiliki Yayasan Al Ishlah mendirikan Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu pada tahun 2010. Pada tahun yang sama terjadi pergantian manajemen di lingkungan Al Ishlah. Pimpinan Yayasan berpindah ke ustadz Dr. Ir. H. Hasim, Msi.

Alhamdulillah berkat kepercayaan masyarakat, Yayasan Al Ishlah Gorontalo kini menempati dua lokasi yakni Kampus 1 di jalan Sultan Botutihe Kelurahan Liluwo Kota Tengah dan kampus 2 di jalan Balkin Bengawan Solo Kelurahan Molosipat U kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Saat ini tercatat 975 siswa dan 124 guru dan karyawan berada di Lembaga Pendidikan Al Ishlah, mulai dari Pusat Paud Islam Terpadu Al Ishlah, Madrasah Ibtidaiyah Terpadu dan Madrasah Tsanawiyah Terpadu.

Yayasan Al Ishlah dengan visi menjadi lembaga Islam yang mengelola pendidikan, sosial ekonomi dan dakwah yang unggul dalam pelayanan terus berusaha untuk memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Gorontalo. Untuk mewujudkan hal tersebut, insya Alloh Yayasan akan mengembangkan diri dengan mendirikan Sekolah Tahfidz,dan Madrasah Aliyah Terpadu yang berkualitas dalam mutu dan pelayanannya.

 

 

 

© Copyright Yayasan Al Ishlah Gorontalo 2018.
Dipersembahkan Oleh Komite Sekolah.