A. PROFIL YAYASAN AL ISHLAH GORONTALO
Selamat Datang di Yayasan Al Ishlah Gorontalo
Yayasan Al Ishlah Gorontalo memiliki letak yang sangat strategis karena berada di tengah-tengah Kota Gorontalo yang aman dan damai, terkenal dengan julukan Serambi Madinah. Yayasan Al Ishlah sebelumnya bernama Yayasan Pengembangan Sumber Daya Ummat Al Ishlah merupakan yayasan yang bergerak di bidang pendidikan,, sosial, dan ekonomi. Saat ini berlokasi di Jl. Sultan Botutihe No. 16 Kelurahan Liluwo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo.
Memulai aktivitasnya sejak tahun 1997 di bawah kepemimpinan H. Imam Ibnu Mas’ud. Sejak berdiri, yayasan aktif mengadakan kegiatan sosial seperti pengobatan gratis di daerah banjir, penjualan sembako murah, sunatan gratis untuk anak-anak panti asuhan, pemberian santunan kepada anak yatim piatu, beasiswa pendidikan dan pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas ibu-ibu di desa-desa, sedangkan untuk bidang dakwah, secara aktif mengadakan pembinaan-pembinaan keislaman di sekolah-sekolah, komunitas pedagang kecil, majelis taklim, remaja Masjid, maupun perkantoran. Yayasan juga bekerja sama dengan instansi-instansi pemerintah mengadakan pesantren-pesantren kilat saat ramadhan dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk khatib dan da’i.
Tahun 2000, Yayasan Al Ishlah Gorontalo memulai aktivitas di bidang pendidikan dengan mendirikan Kelompok Bermain Islam Terpadu(KBIT) yang merupakan Sekolah Islam Terpadu pertama di Provinsi Gorontalo di bawah naungan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia. Dimulai dengan jumlah siswa 12 orang dengan 3 orang tenaga pengajar, tempat belajar di sebuah garasi mobil salah satu pengurus yayasan. Tahun 2001 tempat belajar Kelompok Bermain Islam Terpadu Al Ishlah pindah ke Jl. Kalimantan kelurahan Wumialo, saat itu siswa bertambah menjadi 46 anak dan jumlah guru 5 orang. Tahun 2004 Yayasan Al Ishlah mendirikan Sekolah Dasar Islam Terpadu yang kemudian beralih menjadi Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Al Ishlah.
Seiring berkembangnya waktu, dan tuntutan masyarakat serta kemampuan yang dimiliki, Yayasan Al Ishlah mendirikan Madrasah Tsanawiyah Islam Terpadu pada tahun 2010. Pada tahun yang sama terjadi pergantian manajemen di lingkungan yayasan Al Ishlah. Tampuk kepemimpinan pun beralih ke ustadz Dr. Ir. H. Hasim, M.Si.
Alhamdulillah berkat kepercayaan masyarakat, Yayasan Al Ishlah Gorontalo kini menempati dua lokasi yakni Kampus 1 di Jl. Sultan Botutihe Kelurahan Liluwo Kota Tengah dan kampus 2 di Komp. Balkin Jl. Bengawan Solo Kelurahan Molosipat U kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Yayasan Al Ishlah memiliki visi menjadi lembaga pengelola pendidikan, sosial, dan ekonomi masyarakat yang unggul dan berkeadaban di Wilayah Indonesia Timur pada Tahun 2035. Untuk mewujudkan visi besar tersebut Yayasan Al Ishlah Gorontalo terus berusaha memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Gorontalo baik di bidang pendidikan, sosial dan pemberdayaan ummat, serta ekonomi. Seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan pendidikan yang bermutu maka di tahun 2020 Yayasan Al Ishlah di bawah kepemimpinan Ustadz Helmi Adam Nento, Mec,Dev kembali membuka layanan pendidikan di Tingkat Menengah Atas yaitu dengan mendirikan SMA Islam Terpadu (SMAIT) Boarding School Gorontalo. Saat ini sekolah dan madrasah yang di kelola oleh yayasan Al Ishlah Gorontalo menjadi sekolah dan madrasah terfavorit di masyarakat Provinsi Gorontalo dan menjadi sekolah unggulan yang paling diminati dan menempati prioritas pertama di hati para orang tua. Tercatat 1200 siswa dan 165 guru / karyawan berada di Lembaga Pendidikan Al Ishlah, mulai dari Pusat Paud Islam Terpadu Al Ishlah (PPIT) yang menyelenggarakan layanan penitipan anak dan Kelompok bermain, Raudatul Athfal Terpadu (RAT), Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT), Madrasah Tsanawiyah Terpadu (MTsT) dan SMAIT Boarding School.
Insya Allah kedepannya yayasan akan terus mengembangkan sumber dayanya dalam memajukan semua bidang yang ada, khusus pada bidang pendidikan dengan mendirikan Perguruan Tinggi Islam Terpadu yang berkualitas dalam pencapaian kurikulum dan kualitas pembelajarannya. Mohon doa dan restu.
B. PROGRAM
1. BIDANG PENDIDIKAN
a. Peningkatan Kapasitas Pendidik dan Tenaga Kependidikan
b. Pengembangan Kurikulum sesuai dengan kebijakan nasional dan kebutuhan masyarakat
c. Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan
d. Menyelenggarakan Pendidikan Lanjutan
e. Menyelenggarakan Sekolah Berasrama
f. Pemetaan dan Optimalisasi Peran Alumni Pendidikan
2. BIDANG SOSIAL DAN PEMBERDAYAAN UMMAT
a. Membentuk LAZ Al-Ishlah dan melakukan kerjasama dengan lembaga sosial lainnya
b. Melaksanakan kegiatan syi`ar Islam
c. Menyelenggarakan Layanan Kesehatan
3. BIDANG EKONOMI
a. Mengidentifikasi potensi sumber daya ekonomi umat
b. Membuat lembaga unit usaha
MENGAPA MEMILIH PENDIDIKAN DI AL ISHLAH
1. QURANI
Di Lembaga pendidikan Al Ishlah peserta didik tidak hanya didorong untuk menghafalkan Alquran melainkan juga diarahkan untuk membiasakan diri membaca Alquran dengan baik dan benar. Pendidikan Al Quran sejak dini menjadi pondasi dasar di Lembaga Pendidikan Al Ishlah Gorontalo yang dimulai dari jenjang PAUD sampai dengan sekolah menengah atas, ini dimaksudkan untuk membangun rasa cinta terhadap Al Quran, memberikan ruh pada setiap interaksi dengan Al Quran dan berakhlak sesuai dengan tuntunan Al Quran dan sunnah.
Peserta didik telah mutqin dalam bacaan Al-Qur`an di kelas bawah MIT (kelas 3) target hafalan setiap jenjang unit ; PPIT dan RAT 1 Juz, MIT 5 Juz, Mts 5 Juz dan SMAIT Boarding School 8 juz
2. KURIKULUM TERINTEGRASI
Lembaga Pendidikan Al Ishlah Gorontalo dengan mengusung profil peserta didik yang Qurani, Profesional, dan Leadership memiliki kurikulum yang terintegrasi yaitu kurikulum yang memadukan kurikulum nasional, kemenag, dan kurikulum kekhasan Sekolah Islam Terpadu. Terintegrasi maksudnya adalah keterpaduan antara ilmu umum dan agama, keterpaduan antara sekolah, keluarga, dan masyarakat umum, dan keterpaduan dalam menginternalisasikan nilai-nilai keislaman dalam setiap aspek pembelajaran dan pembinaan siswa. Aktivitas inti dan utamanya adalah pendidikan islam dengan memperhatikan fitrah manusia dan seluruh sisi kemanusiaannya, memadukan aktivitas duniawi dan ukhrowi secara seimbang baik pada aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikapnya, Aktivitas anak di sekolah tidak terbatas di kelas tetapi juga di luar kelas yang dikemas dalam kegiatan belajar mengajar yang islami, menyenangkan, dan bermakna
3. SEKOLAH UNGGUL DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DAN PENGEMBANGAN DIRI SISWA
Kegiatan kesiswaan para peserta didik ditunjang dengan kegiatan ekstrakurikuler berbasis minat dan bakat. Hal itu memungkinkan mereka untuk mampu mengembangkan dirinya sesuai minat dan bakat mereka Kegiatan Pengembangan diri yang dilaksanakan sangat beragam dan bervariasi yang disesuaikan dengan perkembangan usia peserta didik. Kegiatan pengembangan diri ini bertujuan untuk membantu peserta didik menambah wawasan dan memahami dunia dengan cara yang lebih baik, membantu meningkatkan kualitas hidup dan dengan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan, peserta didik diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan mereka untuk menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari dan memecahkan masalah. Adapun kegiatannya antara lain:
- Pramuka SIT dan Kepalangmerahan
- Organisasi Siswa melalui OSIS dan OSIM
- Seni dan Budaya
- Teknologi Informatika
- Literasi
- Olahraga panahan
- Bina pribadi Islam
- Karya Tulis Ilmiah
.